Lomba Cipta Menu Daerah

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Pasuruan, menyelenggarakan Lomba Cipta Menu Tingkat Daerah, yang bertepatan dengan Dirgahayu Republik Indonesia Ke-73 Tahun 2018. Kegiatan yang diselenggarakan di Pendopo Surga-Surgi Komplek Gedung Gradhika Bhakti Praja Kota Pasuruan itu, secara resmi di buka oleh Walikota Pasuruan, dan juga di hadiri oleh Wakil Walikota Pasuruan, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kota Pasuruan beserta jajarannya.

Dengan diselenggarakannya lomba cipta menu ini, harapannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA. Mendorong dan meningkatkan  kreatifitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal, menumbuhkan konsumsi dan produksi pangan lokal, meningkatkan  pengetahuan akan pentingnya konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman, serta membangun budaya keluarga untuk mengkonsumsi aneka ragam jenis pangan dengan porsi seimbang.

Para peserta lomba cipta menu diikuti oleh TP PKK Kelurahan se-Kota Pasuruan, yaitu sebanyak 34 peserta. Sedangkan tim juri ada 3 (tiga) orang yakni dari Akedemi Gizi Surabaya, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Pasuruan serta TP PKK Kota Pasuruan. Sementara itu, Walikota Pasuruan Drs. H. Setiyono, M.Si mengatakan dengan adanya lomba cipta menu ini, diharapkan beragam menu yang disajikan harus produk lokal serta potensi lokal sehingga kearifan lokal dan potensi lokal terangkat. “Semoga bisa muncul inovasi-inovasi ragam masakan dan dapat menjadi kuliner khas Kota Pasuruan,” ujar Walikota. Nantinya para juara dalam lomba ini akan dibina dan diikutkan ke tingkat Provinsi Jawa Timur, bahkan ke tingkat Nasional dengan tujuan untuk mengangkat potensi Kota Pasuruan dan memperkenalkan kuliner kepada masyarakat daerah lain.

Dalam lomba cipta menu kali ini, berikut adalah hasil para pemenangnya. Juara 1 adalah Kelurahan Kepel, yang berhak mendapat piala serta uang pembinaan sebesar Rp. 4.000.000,-. Juara 2 dari Kelurahan Tembokrejo, yang mendapat piala dan uang pembinaan sebesar Rp. 3.000.000,- Juara 3 dari Kelurahan Purutrejo mendapat piala dan uang pembinaan sebesar Rp. 2.000.000,-. Sedangkan Juara Harapan 1 Kelurahan Gadingrejo mendapat piala dan uang pembinaan Rp. 1.500.000,- Juara Harapan 2 Kelurahan Karanganyar mendapat piala dan uang pembinaan Rp. 1.250.000,- dan Juara Harapan 3 Kelurahan Kebonagung, yang mendapat piala dan uang pembinaan sebesar Rp. 1.000.000,-.

Sumber : Times Indonesia

About pkk

Check Also

Pemkot Pasuruan Unjuk Kebolehan dalam Ajang Apeksi 2018 di Tarakan

Pemerintah Kota Pasuruan unjuk kebolehan di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara. Tepatnya dalam Pawai Budaya …